Thursday, May 28, 2020

Tutorial #2 Cara mudah tanam sawi mie hidroponik dirumah - Semai

torial #2 Cara mudah tanam sawi mie hidroponik dirumah - Semai 


Saya sudah pernah praktek menanam sawi mie dirumah. Saat semai yang pertama, semaian kutilang dan akhirnya kali ini saya baru dapat mengulang kembali, menyemai sawi mie. Saya gunakan merk panah merah sawi mie shinta. Benih yang saya semai tumbuh 90%. Saya tidak foto saat semai. Caranya sama seperti semai sawi mie yang saya lakukan dipart pertama. sawi mie part 1

Tanggal 7 bulan mei 2020. saya semai malam hari sekitar pukul 9 setelah tarawih. Karena sekarang lagi bulan puasa yaa. Kali ini,semaian saya berhasil tidak kutilang. 

Proses pecah,  setiap biji tidak bersamaan.  Pecah sekitar pukul 9 pagi,membutuhkan waktu Sekitar 10 jam. Saya semai satu potong rockwool lebih dari satu biji. Biji yang sudah pecah pindah rockwool baru yang sudah disiapkan dan basah. Pisahkan kewadah lain, khusus yang telah disortir. 




Pada hari kedua, hujan pada malam hari benih dalam semaian pecah lebih banyak. 
Mungkin karena basah tersiram air hujan sehingga lebih lembab dan mendukung daya pecah kulit biji yang keras. Saya lebih banyak menyortir lebih banyak biji yang pecah. Biji benih sawi yang tidak pecah, kurang lebih dari 5 biji. Sprout benih  kali ini sukses. 




Pada hari ke Empat, sudah muncul dua daun dari satu pohon. Saya mulai memberi nutrisi. Takaran 1 ml A dan 1ml B dalam saru liter. Tak lupa saat menjemurnya beri air yang cukup. Sehingga saat menjemur, tanaman tetap segar dan Rockwool tidak kering. 




Hari kelima,  saya mulai memberi nutrisi pagi hari dan menjemurnya kembali. Saya lakukan pukul 6 dan pukul 7 mulai terkena pancaran sinar matahari pagi. Tanaman tampak lebih segar dan daun hijau.  Batang tidak kutilang. Memang  terlihat agak tinggi, tapi ini tidak masalah karena memang saya semai sawi mie yang memiliki batang yang panjang. Tanaman yang segar sangat menyenangkan 😍😍❤️




pada hari ke 8, pemberian air nutrisi diberi secukupnya basah namun tidak menggenang agar rockwool tidak lumutan. 


pemberian nutrisi secara rutin meski masih berdaun dua. karena dapat mempercepat tumbuh daun dan tanaman akan nampak sehat.















1 comment:

  1. Izin promo ya Admin^^

    Bosan gak tau mau ngapain, ayo buruan gabung dengan kami
    minimal deposit dan withdraw nya hanya 15 ribu rupiah ya :D
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa
    - Telkomsel
    - XL axiata
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.AJOKARTU.COMPANY ....:)

    ReplyDelete