Friday, October 7, 2016

Anggrek hidroponik sistem wick pilihan tepat bagi anggrekers sejati


anggrek hidroponik
 Anggrek hidroponik

mungkin jarang  mendengar anggrek menggunakan sistem hidroponik. jarang para hidroponikers mengaplikasikan hidroponik untuk anggrek. hidroponikers lebih banyak mengaplikasikan untuk sayuran dan buah ketimbang bunga. mungkin lebih banyak displikasikan siram saja ke media anggrek langsung. bila diperhatikan dari segi media anggrek adalah tanaman soilless, adalah tanaman yang ditanam memang tidak menggunakan tanah. cukup menggunakan media arang, sabut kelapa, pecahan batu bata yang menjadi medianya. pagi dan siang cukup kita siram medianya.
bagaimana jika diubah sistemnya menggunakan sistem wick saja ?? yuk mari kita intip cara mudah sistem wick anggrek :D
jujur ini aplikasi kedua saya di anggrek hidroponik yang pertama gagal karena kesalahan dan ilmu yang saya minim sekali pemula bertanam hidroponik. pertama menaruh anggrek diindor hee karna jendela menghadap timur jadi cahaya langsung masuk kedalam ruangan dipagi hari tapi ternyata tidak cukup membantu perkembangan anggrek kedua di rusak tikus hikss menyedihkan sekali :( musuh tanaman adalah tikus yang terakhir karna masih pemula belom memiliki nutrisi khusus bunga saya pakai nutrisi daun saja hehehe :D jangan ditiru yaaa..
sekarang sudah banyak ko nutrisi untuk bunga silahkan cek Rindang hidroponik shop :)
oya ni nih hidroponik anggrek saya tahun 2014

                                         

kali ini saya mencoba untuk kedua kalinya bertanam anggrek menggunakan sistem hidroponik. ceritanya saya diinbok teman penggemar anggrek sekaligus seller Bapak Edy sugito (promosi dikit bagi yang berminat anggrek silahkan japri yaaa :v ). tentang pak edy saya kira beliau hanya pembuat terang bulan dan pukis yang handal ownernya honey bee panjaitan bondowoso ehh anggrekers sejati gak nyangka :D benar adanya dont judge by cover its true .... hee
lanjut bahas tentang anggrek, nah saya ditawari mengaplikasikan anggrek menggunakan sistem hidroponik langsung disupport 4 anggrek vanda dan lengkap abmix flower. alhamdulillah bagi pecinta tanaman pasti berasa ketiban rejeki tak terhingga * lebay yaahh.. XD
tapi begitulah saat ini saya mencoba aplikasikan untuk tanaman anggrek vanda. menurut pak edy anggrek vanda akarnya tidak tahan air jadi  tidak bisa langsung air nutrisi,mungkin hanya sekitar 15 menit bisa terendam air. percobaan saat ini menggunakan sistem wick alias sumbu dan moss (rumput kering) sebagai cagak sii anggrek. moss dapat menyerap air 70%. vanda senang sekali panas. bismillah saya coba angrek hidroponik ikut siapkan alat dan bahan yukk :

alat dan bahan
* vanda umur 4 bulan
* netpot  gelas di gunting pinggir bawahnya ya
* wadah sosis sudah dicat
* nutrisi abmix khusus bunga
* flanel
* moss rumput kering biasa digunakan media untuk anggrek
*gunting

lanjut menuju proses dibawah yaa :D


anggrek hidroponik sistem wick




siapkan wadah sosis sudah dicat dan tutup sudah dibolongi pke holesaw



siapkan gunting tu menggunting pinggir bawah netpot


masukan flanel
siapkan vanda

masukkan moss kering

masukkan secukupnya

masukkan anggrek













bagaimana pemberian nutrisi ??
caranya siapkan abmix flowers dan siapkan satu liter air
abmix flowers
karna tidak memiliki gelas ukur saya memakai wadah semprot untuk menyiapkan air 1 liter perbandingannya abmix bunga 3 : 3: 1. bila sudah kita masukkan nutrisi ke wadah sosis secukupnya beri ruang udara kira - kira 10 cm dari gelas netpot gunanya ada ruang udara yang keluar masuk alias ventilasi di wadah sosis.anggrek siap ke habitatnya teras rumah saya heee
untuk kondisi selnjutnya nanti saya report kembali disini, semoga bermanfaat jangan lupa like n share
maturtengyu :)

























0 comments:

Post a Comment